MotoGP 2017 Terancam Gagal Digelar Di Indonesia

MotoGP 2017 Terancam Gagal Digelar Di Indonesia

Berita-Prediksibola.com – Kami akan memberi informasi megenai berita yang lebih bagus tentang MotoGP 2017 Terancam Gagal Digelar Di Indonesia. Indonesia memang memiliki Sirkuit Sentul di Bogor, Jawa Barat. Namun kondisi sirkuit yang terlalu kuno dan karakter lintasan yang tidak menantang membuat Dorna tidak tertarik. Sirkuit Sentul memang bisa direnovasi, namun biaya yang di butuhkan sekira 150 miliar tak mungkin di ambil dari APBN atau uang negara. Alasanya adalah balapan MotoGP adalah acara hiburan dan diselenggarakan oleh swasta sehingga tak boleh ada uang negara yang dipakai dalam kegiatan sejenis hiburan. Manajemen Sirkuit Sentul pun tak mampu untuk menanggung semua biaya renovasi dan modernisasi yang dibutuhkan.

MotoGP 2017 Terancam Gagal Digelar Di Indonesia

Promotor utama balap MotoGP, Dorna Sport, menawarkan Indonesia untuk menjadi salah satu tuan rumah seri adu cepat balap motor paling populer itu di musim 2017 hingga 2019. Namun syaratnya yang diberikan sepertinya belum internasional yang modern dan dilengkapi lintasan trek yang sesuai dengan kebutuhan kompetisi balap MotoGP. Hasilnya balapan MotoGP 2017 yang menurut rencana akan digelar pada November tahun itu terancam gagl akibat tidak adanya sirkuit yang bagus dan rencana pengerjaan balapan yang belum juga diberkan pemerinjtah ke Dorna Sport. Ikatan Motor Indonesia menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait kepastian penyelenggaraan MotoGP 2017 di Indonesia. Kalau pemerintah sudah menunjuk bagaimana maunya, maka IMI siap memberikan pertimbangan dan rekomaendasi. Pada posisi IMI sebagai regulator dan bukan penyelenggara. Dan semua pelaksanaan di tangani oleh pemerintah berserta Dorna sebagai promotor.

Untungnya Dorna tidak bersikap kau tentang masalah yang dihadapi oleh Indonesia. Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot Dewa Broto, mengatakan Direktur Pelaksana Dorna, Javier Alonso, memberikan kemurahan hati bagi Indonesia untuk menggelar MotoGP. Alonso bahkan memberika kesempatan langsung dan tanpa proses penawaran kepada Indonesia untuk menggelar MotoGP 2018 seandainya gagal menyelenggarakan MotoGP 2017. Kedatangan Tim Honda tersebut Marquez dan Pedrosa juga memanfaatkan momentum karena Indonesia sedang dilirik oleh Federasi Balap Motor Dunia maupun oleh Federasi Otomotif Internasional. Setelah kami melakukan komunikasi dengan Dorna, akhirnya batas waktunya diperpanjang hingga juni 2016. Bukan Februari ini. Pertemuan antara pihak Dorna dengan Kemenpora telah dilakukan awal Februari 2016. Dalam pertemuan tersebut diputuskan jika Indonesia tetap diberikan, kesempatan untuk mempersiapkan diri termasuk dalam menyiapkan persyaratan yang harus dipenuhi.

Even seperti ini sebenarnya sama dengan Asian Games yang menitikberatkan tentang komersil. Sebagai dukungan kami bekerja sama dengan Federasi Balap Motor Dunia yang menjelaskan bagaimana, secara teknis dijalankan di Tanah Air. IMI sendiri juga tidak bisa ikut campur tentang penentuan lokasi sirkuit. Yang membuat sirkuit baru atau pembetulan Sirkuit Sentul merupakan prtogatif pemerintah.