Marc Marquez Taklukan Brno Dengan Strategi Yang Jitu

Marc Marquez Taklukan Brno Dengan Strategi Yang Jitu

Berita-prediksibolaMarc Marquez Taklukan Brno Dengan Strategi Yang Jitu. Marc Marquez yang sangat jenius dalam mengatur tempo serta strategi menjadi kunci sukses kemenangan di ajang balap MotoGP Ceko 2017. Keputusannya dengan mengganti motor dengan ban yang sesuai dengan kondisi lintasan di lap-lap awal, sangatlah tepat. Yang menjadikan RC213V yang ditungganginya dapat melaju dengan sangat kencang meninggalkan lawan-lawannya hingga sampai akhir garis finis di urutan pertama.

Marc Marquez Taklukan Brno Dengan Strategi Yang Jitu

Menurut salah satu media Republik Ceko, hujan yang turun sebelum balapan berlangsung menjadikan sirkuit menjadi sangat lembab. Kondisi yang demikian ini menjadikan para penmbalap memulai start dengan motor dalam kondisi ban yang basah. Situasi yang demikian langsung dimanfaatkan dengan baik oleh salah satu pembalap Ducati, Jorge Lorenzo yang memulai start di posisi ke enam merangsek naik ke barisan depan usai bendera start dikibarkan. Bahkan untuk satu lap pertama Lorenzo berhasil memimpin balapan.

Marquez yang berada tepat dibelakang Loranzo pada putaran berikutnya, malah tercecer hingga urutan ke sepuluh. Hal ini dikarenakan ban basah yang digunakannya lebih lembut yang membuat laju sepeda motornya menjadi lambat untuk lintasan yang ternyata cepat mengering.

Mengatahui hal yang demikian, di akhir lap kedua Marquez mengambil keputusan dengan masuk area pit stop untuk mengganti motor dengan ban yang sesuai dengan lintasan yang kering. Langkah yang telah diambil oleh Marquez ini berikutnya di ikuti oleh pambalap Octo Pramax, Scott Redding, serta Aleix Espargaro pembalap Aprilia juga ikut serta masuk pit stop untuk mengganti motor dengan ban yang sesuai dengan lintasan yang kering.

Memasuki lap ke empat hampir semua pembalap masuk area pit stop untuk mengganti motor, termasuk Jorge Lorenzo. Akan tetapi sangat disayangkan pembalap asal Spanyol yang telah lebih unggul dari Valentino Rossi 1,7 detik harus kehilangan banyak waktu di pit karena kru Ducati tidak siap untuk segera mengganti motor. Rossi yang kini berada di barisan terdepan tetap bertahan dengan sepeda motornya hingga akhirnya Marquez yang berhasil menyalip serta meninggalkannya hingga selisih waktu 9 detik.

Setelahnya Rossi baru menyadari, bahwa dia perlu mengganti motor. Lalu dia msuk pit stop, setelah keluar Rossi berada di posisi ke-13. Yang bertepatan saat itu Marquez telah jauh meninggalkan Rossi sekitar 20 detik yang berada di depan Scott Redding dan Aleix Espargaro yang menempati posisi ke 2 dan 3.

Dani Pedrosa yang merupakan pembalap Repsol Honda kemudian melakukan pengejaran dan berhasil menempati posisi ke dua, yang kemudian disusul oleh Danilo Petrucci rider Octo Pramac, dan Cal Crutchlow pembalap LCR Honda. Namun sayang akhirnya posisi ketiga berhasil direbut oleh pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales yang dari posisi ke-10 merangkak setahap demi setahap, usai masuk pit. Akan tetapi Vinales gagal mengejar Pedrosa yang berada enam detik didepannya hingga akhir balapan.