josep-guardiola_e510015 (1)

Guardiolaisme Hancurkan Sepakbola Italia

Berita-prediksibola – Berita Bola : Pemain belakang Juventus, Giorgio Chiellini menilai bahwa gaya bermain dari Josep Guardiola memiliki dampak kurang baik untuk sepak bola dari Italia. Gaya disebut tidak bersahabat dengan Italia dan menghambat regenerasi back itu.

Italia selama ini dikenal menjadi negara penghasil pemain-pemain belakang yang kuat dan memiliki kualitas. Namun hal itu saat ini mengalami kendala. Italia seperti kehabisan cadangan pemain belakang setelah generasi Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini.

Trio BBC, demikian mereka biasa disebut, sekarang ini sudah masuk lebih dari 30 tahun. Tapi, mereka masih jadi andalan Italia dan belum ada pengganti yang setara.

“Ini terjadi karena Guardiolaisme [gaya bermain Guardiola]. Ya, Guardiolaisme sudah menghancurkan pemain belakang Italia. Sekarang semua orang ingin jadi seperti mereka, namun tidak ada yang bisa menjaganya,” buka Chiellini.

“Ini memalukan, karena dalam beberapa kasus sepakbola kita jelas lebih unggul,” sambungnya.

Menurut Chiellini, Italia memang tidak akan bisa memainkan sepakbola dengan gaya Pep. Italia juga tidak akan bermain dengan gaya tiki taka Spanyol. Pemain berusia 33 tahun ini meyakinkan bahwa Italia harus memegang teguh filosofi yang selama ini dianut.

“Kami tidak akan pernah memainkan tiki taka, itu tidak ada dalam filosofi yang sudah ada. Kami perlu mengembalikan tradisi sepakbola Italia, kembali melahirkan banyak bek sejati yang tangguh,” tegasnya.

Di bawah generasi BBC, Italia punya Daniele Rugani, Mattia Caldara dan Alessio Romagnoli. Tapi, sejauh ini kualitas mereka masih di bahwa yang dimiliki oleh BBC. (gaz/asa)