Permasalahan Teknis Tiga Raksasa MotoGP Jelang MotoGP Valencia

Permasalahan Teknis Tiga Raksasa MotoGP Jelang MotoGP Valencia

Berita-prediksibolaPermasalahan Teknis Tiga Raksasa MotoGP Jelang MotoGP Valencia. MotoGP Valencia 2017 yang digelar di Sirkuit ricardo Tormo, bakalan menjadi seri pemungkas, dan juga sekaligus menjadi ajang penentu juara balap motor paling bergengsi di dunia. Seperti yang telah diketahui, Marc Marquez pembalap Repsol Honda, dan Andrea Dovizioso pembalap Ducati akan bertarung habis-habisan demi meraih gelar juara terbaik MotoGP 2017.

Permasalahan Teknis Tiga Raksasa MotoGP Jelang MotoGP Valencia

Serunya seri terakhir dari MotoGP 2017 ini, karena usai meraih kemenangan atas Dovizioso di MotoGP Malaysia, nyatanya tidak mengubah Marquez menjadi favorit juara. Hal ini dikarenakan pembalap asal Spanyol tersebut masih unggul 21 poin atas Dovizioso.

Terlebih lagi, disepanjang musim MotoGP 2017 ini, banyak kendala teknis yang sering dihadapi tiga besar pabrikan MotoGP, yakni Honda, Yamaha, dan Ducati. Bahkan untuk Yamaha, musim ini adalah musim terburuknya selama 10 tahun terakhir ini, pasalnya musim ini kali pertama Yamaha gagal menempatkan pembalapnya di dua besar klasemen MotoGP.

Lalu apa saja yang menjadi masalah teknis tersbut, berikut akan kami sampaikan untuk anda.

Yang paling pantas untuk dibahas, tentunya adalah pabrikan Yamaha, dengan mengusung duo pembalap yang berpengalaman, Valentino Rossi dan pembalap baru, Maverick Vinales, pabrikan motor asal Jepang tidak bisa berbuat banyak di bawah Honda dan Ducati.

Yang menjadi masalah utama tim yang berlambang Garpu Tala ini adalah lintasan basah. Sering kali ketika berlaga di lintasan yang basah, baik Valentino Rossi dan Maverick Vinales selalu tercecer di bawah tiga besar.

Jika dibandingkan dengan musim lalu, Yamaha bersama YZR-M1 tampil sangat kompetitif di lintasan basah. Bahkan motor yang di tunggangi oleh pembalap dengan julukan The Doctor tersebut sangat nyaman dikendarai disegala kondisi lintasan.

Lain Yamaha, lain pula masalah yang dihadapi Ducati. Sejak musim balap MotoGP 2017 ini ada peraturan tidak boleh menggunakan winglet, ini akan menjadi masalah yang cukup besar bagi Ducati. Hal ini lantaran dengan tanpa adanya winglet, motor desmosedici tidak akan bisa mencapai batas kecepatan yang maksimal karenanya kurangnya tingkat kestabilan dan aerodinamis.

Seperti yang diketahui banyak kalangan, bahwa Ducati ini sangat berbahaya ketika berada di lintasan lurus. Akan tetapi dengan adanya winglet ini, hal tersebut menjadi sangat berkurang. Dan untuk mengatasi hal tersebut, di musim ini Ducati juga telah merancang fairing baru yang diberi nama Hammerhead.

Jika Yamaha dan Ducati sejumlah masalah, lain halnya dengan Honda. Bisa dibilang Honda mungkin ini adalah musim yang membahagiakan. Pasalnya salah satu pembalapnya, Marc Marquez memiliki peluang yang cukup besar untuk merebut titel juara dunia MotoGP 2017.

Meski dimikian nyatanya Honda masih memiliki sejumlah masalah di bagian suspensi dan mesin. Bahkan masalah mesin ini, Marc Marquez sempat menelan pil pahit ketika berlaga di MotoGP Inggris, di Sirkuit Silverstone.