lionel-messi_5330e9f (1)

40 Persen Budget Gaji Barcaelona Diterima Messi

Berita-prediksibola – Berita BolaFootball Leaks dan Mediapart mengungkapkan besaranya gaji dan bonus yang diterima Lionel Messi di kontrak barunya. Messi memang baru saja menandatangani kontrak baru di Barcelona pada November 2017 lalu.

Perpanjangan kontrak itu membuat seluruh suporter Barcelona merasa senang. Maklum, negosiasi kontrak baru Messi ini berjalan bertahun-tahun dan kontrak Messi saat itu akan selesai pada Juni 2018 nanti. Artinya, Messi sudah bisa bicara dengan klub lain seandainya ia tidak memperpanjang kontrak sampai saat ini.

Namun Barcelona harus membayar sangat mahal untuk perpanjangan kontrak Messi itu. Mereka harus harus membayar lebih dari 100 juta euro per musim untuk tetap bisa mempertahankan Messi di Camp Nou.

Berikut perincian pendapatan Messi:

  • Gaji dan hak pencitraan pribadi sebesar 71.053.846 euro per musim (Kurang lebih 284 juta euro selama 4 musim)
  • Signing bonus sebesar 63.5 juta euro atau jika dirinci menjadi 16.3 juta euro per musim.
  • Bonus Kesetiaan sebesar 70 juta euro atau 17,5 juta euro per musim. Bonus ini akan didapatkan secara penuh jika Messi bertahan di Barcelona sampai kontraknya selesai di tahun 2021.

Artinya, Barca harus membayar Messi sebesar 104,4 juta euro per musim. Dengan kata lain, Barcelona membayar Messi 286.140 euro per hari, 11.922 euro per jam. Dalam rupiah, gaji Messi lebih dari 190 juta per jam.

Saat masih bernegosiasi, pada awal 2017, Barca mengaku keberatan menuruti permintaan gaji Messi itu. Pasalnya, saat itu, gaji Messi mencaplok lebih dari 40% bujet Barca untuk pos gaji. Setelah Neymar pergi, prosentase itu tentu semakin membesar.

Normalnya kesenjangan seperti ini akan bisa menimbulkan masalah di klub lain. Biasanya akan ada pemain yang iri jika ada pemain lain yang mendapat gaji sangat besar seperti itu. Namun Messi begitu vital bagi Barca dan nyaris semua pemain mengaguminya dan sepertinya justru ikut gembira dengan kontrak itu. (fl/hsw)