MotoGP 2018 Resmi Pangkas Jumlah Lap 7 Balapan

MotoGP 2018 Resmi Pangkas Jumlah Lap 7 Balapan

Berita-prediksibolaMotoGP 2018 Resmi Pangkas Jumlah Lap 7 Balapan. Secara resmi gelaran ajang balap motor paling bergengsi, MotoGP mengumumkan jumlah lap untuk tujuh seri balapan dikelas MotoGP 2018 bakal dikurangi. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk dari transisi yang juga sekaligus membantu pihak pertelevisian yang menyiarkan ajang balap MotoGP.

MotoGP 2018 Resmi Pangkas Jumlah Lap 7 Balapan

Perubahan atau pengurangan jumlah lap ini juga berfungsi untuk mengantisipasi pembatasan bahan bakar, serta regulasi mesin yang sesuai dengan aturan dari FIM dan Dorna, yang merupakan pihak penyelenggara. Dengan adanya aturan yang demikian ini, maka ini akan membuat jumlah lap yang tidak panjang lagi.

Yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah di lintasan mana saja di MotoGP yang jumlah lap-nya dikurangi? Balapan-balapan yang jumlah lap-nya dikurangi diantaranya adalah di MotoGP Amerika Serikat, MotoGP Prancis, MotoGP Catalunya, MotoGP Republik Ceko dan yang terakhir adalah MotoGP San Marino.

Masing-masing lokasi lintasan balap diatas secara resmi dikurangi satu lap, sementara di MotoGP Jerez akan dikurangi dua lap. Dan khusus untuk gelaran MotoGP Valencia akan dikurangi tiga lap. Aturan pengurangan ini tidak hanya akan berlaku untuk gelaran ajang balap di kelas MotoGP, namun juga berlaku untuk Moto2.

Untuk gelaran ajang balap dikelas Moto2, jumlah yang dikurangi yakni di Amerika, Prancis, Catalunya, Jerman, Republik Ceko, San Marino, Jepang, dan Malaysia. Masing-masing trek akan akan dikurangi satu lap.

Sementara untuk gelaran ajang balap Moto2 di Spanyol dan Valencia akan dikurangi dua lap dari jumlah lap sebelumnya. Dan untuk ajang balap di kelas Moto3, pun juga mengalami hal yang sama, yakni mengalami perubahan jumlah lap.

Jumlah lap di Moto3 ini diataranya adalah di Amerika Serikat, Spanyol, Catalunya, Republik Ceko, Aragon, dan Valencia. Dari masing-masing lintasan diatas semuanya dikurangi satu lap dari jumlah lap sebelumnya. Sementara untuk gelaran Moto3 seri Prancis, jumlah lap yang dikurangi adalah dua lap.

Menilik dari aturan baru demi sebuah perbaikan di ajang balap motor paling bergengsi pada musim 2018 ini, nantinya juga akan berlaku pada gelaran balap motor musim 2019, yang mana jumlah pengurangan lap kembali akan terjadi. Akan tetapi mungkin perubahan yang terjadi hanya akan berlaku untuk gelaran Moto2 dan Moto3 saja.

Sedangkan untuk ajang balap MotoGP sudah tidak ada lagi pengurangan jumlah lap. Selain mengatur soal jumlah lap pada ajan balap motor, peraturan yang telah ditetapkan oleh Dorna dan FIM mencakup juga soal prosedur bendera merah atau yang sering kali disebut dengan Red Flag.

Jika sampai terjadi bendera merah atau red flag ini dikibarkan pada tujuh puluh lima persen lap yang dilombakan, maka akan secara otomatis balapan akan dihentikan dan hasil akhir dari balapan tersebut akan segera diumumkan. Aturan ini mempertegas dari aturan sebelumnya yang menyebutkan bahwa dua pertiga dari jumlah yang dilombakan.