Seri MotoGP Qatar, Aprilia Siap Berikan Kejutan

Seri MotoGP Qatar, Aprilia Siap Berikan Kejutan

Berita-prediksibolaSeri MotoGP Qatar, Aprilia Siap Berikan Kejutan. Di awal musim MotoGP 2018, tim Aprilia telah menyiapkan sebuah kejutan. Hal ini seperti yang telah disampaikan oleh manajer Aprilia, Romano Albesiano. Dalam pernyataannya, Romano mengatakan, timnya akan menguji perangkat aerodinamika baru pada tes ketiga pramusim MotoGP 2018, yang rencananya akan digelar di Qatar pada 1-3 Maret 2018 kedepan.

Seri MotoGP Qatar, Aprilia Siap Berikan Kejutan

“Di MotoGP Qatar, kami akan membawa perangkat aerodinamika versi baru untuk motor RS-GP. Sedangkan untuk perubahan kedua kami akan mencoba sesuai rencana ketika musim MotoGP 2018 ini berlangsung.” ungkap Albesiano seperti yang telah dikutip.

Dalam hal ini terlihat jelas bahwa saat ini, tim Aprilia sedang fokus pada pengembangan motor mereka di sisi aerodinamikanya. Yang tentunya juga demi bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan sempurna, dua pembalap Aprilia yang tidak lain adalah Aleix Espargaro, dan Scott Redding pun juga melakukan tes khusus di lorong angin milik Universitas Perugia, Italia.

Fokusnya mereka pada bagian aerodinamika, ini sangat penting, dan hal tersebut telah juga diakui oleh Albesiano.

“Mengingat riset terkait aerodinamika saat ini merupakan bagian yang sudah tidak bisa lagi dipisahkan dalam dunia balap MotoGP. yang dalam hal ini bukan lagi masalah sayap, namun juga bagian detailnya memiliki peranan yang sangat penting.” Terang Albesiano menambahkan.

“Pun juga dengan tes di lorong angin yang telah kami lakukan, itu juga bagian dari studi aerodinamika. Disini pun juga melibatkan simulasi komputer, dan pengecekan secara langsung di lintasan.” Ujarnya menerangkan.

Mengenai soal riset aerodinamika, tim Aprilia nampaknya tidak main-main. Hal ini bisa terlihat dari keseriusan mereka dalam menyiapkan sistem aerodinamika yang berbeda untuk dua pembalap mereka, Espargaro dan Redding.

Albesiano kembali menjelaskan bahwa perbedaan sistem yang telah dibuat ini disesuaikan untuk gaya balap Espargaro dan Redding. Dalam penjelasannya Albesiano menilai, bahwa dua pembalap ini memiliki perbedaan gaya balap yang mencolok.

“Disini saya menilai bahwa Espargaro dan Redding memiliki karakter fisik yang sama sekali berbeda. Oleh karenanya, juga membutuhkan sistem aerodinamika yang berbeda untuk bisa mengoptimalkan efisiensi kedua pembalap tersebut.” kata Albesiano.

Sebagai tambahan informasi, bahwa musim balap paling bergengsi, MotoGP 2018 akan dimulai di Sirkuit Losail, Qatar, yang sesuai dengan rencana akan digelar pada 18 Maret 2018. Yang mana itu artinya adalah semua tim peserta ajang balap MotoGP, termasuk juga Aprilia hanya akan memiliki waktu dua pekan untuk segera mempersiapkan diri sebelum memulai balapan yang sesungguhnya.

Seperti yang telah diketahui, tim Aprilia pada musim kemarin telah memetik hasil yang cukup positif di seri pembuka MotoGP 2017.pembalap Aprilia, Aleix Espargaro berhasil masuk finis di urutan ke enam tepat dibelakang Dani Pderosa. Sedangkan, Scott Redding yang ketika itu masih membela Ducati, mengakhiri balapan tepat dibelakang Espargaro.