5 Fakta Menarik Jelang Seri Perdana MotoGP 2018

5 Fakta Menarik Jelang Seri Perdana MotoGP 2018

Berita-prediksibola5 Fakta Menarik Jelang Seri Perdana MotoGP 2018. Kerinduan para penggemar MotoGP untuk segera menyaksikan gelaran ajang balap paling bergengsi di dunia ini bakalan segera terwujud. Pasalnya dipertengahan bulan ini, seri perdana MotoGP 2018 segera dimulai.

5 Fakta Menarik Jelang Seri Perdana MotoGP 2018

Dan seperti pada tahun-tahun sebelumnya, ajang balap MotoGP Qatar selalu menjadi yang pertama. Para peserta ajang balap MotoGP siap beradu cepat di Sirkuit Losail, Qatar, usai menjalani sejumlah tes pramusim ketiga.

Pengujian tes pramusim ketiga di Sirkuit Losail, Qatar sudah berlangsung selama dua hari. Dan di tes terakhir semua pembalap akan mencoba di lintasan basah yang telah didisain oleh Race Direction. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah para pembalap terganggu dengan pantulan cahaya yang terjadi ketika menjalani balapan dilintasan yang basah.

Mengingat, balapan seri perdana MotoGP di Qatar sesuai dengan rencana akan berlangsung di malam hari waktu setempat. Dan sebelum membahas tingkat persaingan yang terjadi digelaran MotoGP 2018, ada baiknya kita intip statistik para peserta di kelas utama msuim ini.

Menurut data yang telah di peroleh oleh GPOne, salah satu pengamat ajang balap MotoGP itu menyebutkan ada 32 pembalap yang telah berhasil meraih gelar juara dunia, dengan mengantongi 215 kemenangan di semua kelas di kejuaraan Grand Prix. Dan hanya tiga pembalap yang belum meraih titel juara dunia, dan tanpa kemenangan.

Sementara, The Doctor – julukan untuk Valentino Rossi – tercatat sebagai pembalap tertua yang telah berhasil mengoleksi sembilan gelar juara dunia dengan total kemenangan 115 kali. Dengan raihan prestasi tersebut menjadikan Martin Raines menempatkan Rossi di urutan pertama dalam daftar statistik MotoGP.

Sementara dari 19 peserta di ajang balap MotoGP 2018, Alex Rins, tercatat sebagai pembalap termuda, dan ini merupakan gambaran statistik MotoGP musim 2018.

Berikut ini telah kami rangkumkan lima fakta menarik dan dapat dikatakan sebagai catatan penting jelang MotoGP 2018 :

1. Tercatat ada lima pembalap pendatang baru yang bakal menjajal serunya persaingan di kelas utama tahun 2018 ini. mereka tidak lain adalah Franco Morbidelli, Tom Luthi, Takaaki Nakagami, Hafizh Syahrin, dan Xavier Simoen.

2. Tercatat ada 12 pembalap yang tercatat sebagai juara dunia MotoGP di musim ini. gelar juara yang telah mereka torehkan totalnya telah mencapai 32 label. Dan ini adalah rekor baru dalam sejarah gelaran MotoGP.

3. Dari 12 pembalap, sembilan diantaranya masuk dalam daftar peraih juara dunia yang telah memenangkan balapa dikelas utama. Dan secara keseluruhan mereka telah mengoleksi 215 podium pertama dikelas utama, dan ini adalah jumlah tertinggi yang pernah ada dari para pemenang GP dikelas utama.

4. Dari semua pembalap yang masuk dikelas utama MotoGP, setidaknya telah meraih satu kali kemenangan di semua kelas di Grand Prix. Jadi total gabungan kemenangan ada 461 kali kemenangan di Grand Prix.

5. Valentino Rossi tercatat sebagai pembalap tertua, yakni 39 tahun, sementara Alex Rins sebagai pembalap termuda, yakni 23 tahun.