Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Qatar 2019

Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Qatar 2019

Berita-prediksibolaFakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Qatar 2019. Pagelaran ajang balap motor paling bergengsi di dunia kembali bakal dibuka dengan didigelarnya balapan MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, 10 Maret mendatang. Balapan seri perdana MotoGP ini cukup unik, karena balapan akan berlangsung di malam hari. Sesuatu yang sangat jarang dilakukan di dunia balapan.

Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Qatar 2019

Seperti yang diketahui balapan yang berlangsung dimalam hari ini memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi, karena adanya ancaman cuaca yang sangat dingin. Sementara balapan dikelas MotoGP membutuhkan cuaca yang cukup untuk mencengkram ban di aspal dengan sangat baik.

Jelang berlangsungnya balapan MotoGP Qatar, para pecinta MotoGP masih tetap penasaran siapa nantinya yang bakal jadi pembalap terbaik di musim balap MotoGP 2019 ini. Dan berdasarkan data dari dua kali tes pramusim di Qatar dan Sepang, sangat sulit untuk bisa memprediksi.

Dan berikut ini kami akan mencoba menyampaikan ulasan beberapa fakta menarik balapan MotoGP Qatar :

1. Alasan Berlangsungnya Balapan Digelar Di Malam Hari

Balapan MotoGP Qatar digelar di malam hari ini bukan tanpa sebab atau hanya sekedar alasan gengsi saja. Cuaca yang sangat ekstrem yang terjadi di siang hari menjadi faktor utama mengapa balapan di Qatar di gelar di malam hari.

Seperti yang anda ketahui, Qatar terletak di Timur Tengah yang memang terkenal memiliki cuaca yang sangat ekstrem. Dna karena alasan ini pula, mengapa balapan MotoGP Qatar selalu jadi seri pembuka musim MotoGP.

2. Sirkuit Milik Jorge Lorenzo

MotoGP Qatar dapat dikatakan sirkuit yang sangat bersahabat dengan Jorge Lorenzo. Pembalap asal Spanyol ini tercatat telah mengoleksi enam kali podium kemenangan disini.

Pembalap yang berjuluk X-Fuera ini menjadi juara di kelas MotoGP sebanyak tiga kali, yakni pada musim 2012, 2013, dan 2016. Dan semua kemenangan tersebut diraihnya ketika masih membela tim Yamaha.

Gelar lain diraih Lorenzo ketika masih menjadi pembalap dikelas 250 cc pada 2006 dan 2007. Dan satu lagi gelar yang diraih di Qatar ketika membalap dikelas 125 cc, tepatnya pada musim balap 2004.

3. Aprilia Paling Dominan

Untuk kategori tim pabrikan, ternyata Aprilia yang merajai torehan juara di Sirkuit Losail, Qatar. Mereka telah berhasil meraih dua belas kali juara disini, akan tetapi untuk kelas 125 cc dan 250 cc.

Sedangkan untuk kelas MotoGP, tim Yamaha yang paling dominan dan sering kali meraih kemenangan di Losail. Tercatat Yamaha berhasil mengoleksi delapan kali kemenangan. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Honda dan Kalex dengan menorehkan tujuh kali juara.

Sementara itu posisi ketiga di tempati oleh Ducati, yang mengoleksi empat kali kemenangan, yakni pada musim balap MotoGP 2007, 2008, 2009, dan 2018. Yang mengagumkan adalah semua itu terjadi dikelas MotoGP.