Sanksi Baru Di MotoGP, Long Lap Pinalty

Berita-prediksibolaSanksi Baru Di MotoGP, Long Lap Pinalty. Musim balap MotoGP 2019 kembali akan bergulir, dan untuk semua pembalap di kelas MotoGP dan juga kejuaraan di bawahnya, seperti Moto2, dan Moto3 kini harus lebih berhati-hati. Aksi yang ugal-ugalan tanpa memperhatikan etika dalam membalap, akan berujung sanksi baru, yang bernama Long Lap Pinalty (LLP).

Sanksi Baru Di MotoGP, Long Lap Pinalty

Sanksi baru ini akan mulai diterapkan dimusim ini. Federasi Balap Motor International (FIM) melalui komite MotoGP langsung setuju dengan adanya hukuman seperti ini, namun demikian hukuman lain masih tetap berlaku, seperti turun posisi dan hukuman waktu.

Lalu apa itu Long Lap Pinalty? Sanksi baru ini sudah coba diterapkan pada saat tes pramusim MotoGP Qatar yang telah berakhir hari Senin yang lalu.

Ketika para pembalap yang terkena sanksi LLP, pembalap tersebut akan menggunakan rute lap yang jauh lebih panjang. Yang mana dalam hal ini nantinya setiap sirkuit yang menyelenggarakan balapan MotoGP akan ditandai dengan warna khusus rute yang bakal di lewati para pembalap yang terkena LLP.

Dan para pembalap yang terkena sanksi LLP harus menjalani rute yang lebih jauh sebanyak tiga kali putaran, sejak dia dinyatakan bersalah, atau melanggar sanksi aturan yang telah ditetapkan.

Komite MotoGP pun akhirnya memberikan penjelasan lebih lengkap terkait dengan sanksi LLP. Dan bahkan mereka juga akan memberikan penjelasan area mana yang nantinya akan dijadikan rute LLP.

“Disetiap Sirkuit yang menyelenggarakan ajang balap MotoGP akan ditentukan dan ditandai titik aman untuk menerapkan rute LLP, yang tentunya dalam hal ini beberapa detik lebih lambat dibandingkan dengan racing line yang normal.” Begitu bunyi penjelasan dari Komite MotoGP, seperti yang telah dikutip salah saut media MotoGP ternama.

Terkait dengan adanya sanksi baru, LLP ini Andrea Dovizioso yang merupakan pembalap Ducati memberikan dukungan penuh.

“Saya telah melakukan pembicaraan dengan komisi keselamatan. Dan saya pikir ini adalah ide yang sangat bagus. Bahkan saya pikir ini adalah hukuman yang lebih bagus ketimbag memulai balapan dari start paling belakang.” Ungkap Dovi dengan sangat antusias akan adanya sanksi LLP.

“Sanksi ini akhirnya akan bisa membuat anda makin jelas apa yang harus anda lakukan dan apa yang hilang. Namun, yang pasti saya tidak mengerti apakah mudah menerapkan disetiap sirkuit, akan tetapi ini adalah ide yang sangat bagus.” Sambungnya menambahkan.

Dengan munculnya sanksi baru ini diprediksikan akan mengurangi terjadinya aksi curang dan juga aksi yang ugal-ugalan di sirkuit. Pihak penyelenggara pun ingin melihat sebuah balapan yang berjalan dengan sangat lancar dan berlangsung cukup fair.

“Bagi para pembalap yang mendapat sanksi LLP, masih tetap akan mendapatkan hukuman penurunan posisi sesuai dengan keputusan pengawas balapan.” Bunyi pernyataan Komite MotoGP.